WaGoMu › Duabelas Ladang › Japan › Lifestyle › Japanese Curry yang bikin Curious

2016/10/01

Japanese Curry yang bikin Curious

Gara-gara lihat beberapa postingan yang bercerita tentang adanya sajian japanese curry di beberapa restoran cepat saji, jadinya pengen cerita tentang si Japanese Curry (dibaca kare カレ). Kare sampai di ke negara matahari terbit pas periode Meiji (1900-an), saat pedagang Inggris datang ke Nagasaki.Saat itu kare telah dikenal jauh oleh Bangsa Inggris karena pengaruh dari India yang merupakan negara koloni Inggris. Berhubung yang bawa orang Inggris, orang Jepang mengira bahwa kare adalah makanan barat/ asli Inggris. Sejak itulah kare dikenal luas dan beradaptasi dengan selera Jepang. Kare digemari oleh semua lapisan usia, baik muda maupun tua. Bahkan menjadi national dish di Jepang.

 photo 175A6E17-568A-40C3-8F4D-1E52E4050CF4_zpscaqqd0qg.jpg

Sebetulnya apa sih yang membedakan Kare Jepang dengan kari lainnya? Sejauh yang saya lihat dan rasakan sih kare disini dipadukan dengan nasi, udon dan roti. Terus bahannya terdiri dari daging, sayuran (bombay, wortel dan kentang). dan juga dikombinasikan dengan katsu, Kare lebih kental bahkan berbentuk seperti vla dan rough (ragout) tapi tidak menggunakan santan ataupun yougurt seperti kari India maupun kari Indonesia. Ada dua jenis kare yang dijual di supa (supermarket), kare instan dan kare non instan.



Karena alasan halal, kare instan dihindari karena mengandung daging dan gelatin yang tidak diketahui asal-usulnya. Jadi mau nggak mau hanya bisa menikmati kare bumbu non instatn yang dibuat dengan manual. Dengan membuat secara non instan, kita yang mengontrol asal-usul bahan-bahannya.

 photo 74832B77-F147-46BC-B6A7-513FD5963B17_zpsdublfdr9.jpg

Bumbu kare biasa tidak menggunakan gelatin ataupun unsur daging, hanya berupa rempah-rempah saja. Kare instan ada dua jenis, K-house bentuknya bubuk dan produk S&B berbentuk blok. Sedangkan bumbu kare non instan berbentuk bubuk.



Berikut ini resep dari website S&B food bagaimana membuat kare secara manual. Ternyata cara membuatnya hampir sama seperti membuat white sauce (bechamel sauce) atau pun cream soup yaitu dengan cara menggoreng tepung dan bumbu kari dalam minyak atau mentega. Adonan gorengan ini yang akan mengentalkan karenya.

 photo E5E08732-A875-4ED7-8A56-95D066D7036B_zpsr7yfinyq.jpg

Modifikasi resep ala saya, Saya menumis bawang putih dan bawang bombay dahulu di margarine/ mentega,tambahkan bumbu kare, garam, merica dan gula, kemudian saya tambahkan daging ayam. Setelah daging ayam berubah warna saya tambahkan wortel dan kentang, air sampai sayuran empuk. Terakhir baru saya tambahkan tepung untuk mengentalkan kuahnya. Dan cara penyajiannya, nasi dipadatkan dalam satu sisi kemudian disiram dengan kare. Yuk silahkan di praktekkan resepnya.



Selain resep Rice Curry, di website http://www.sbfoods-worldwide.com/recipes/curry/savory/ juga terdapat bermacam-macam variasi Kare ala Jepang yang boleh juga dicoba seperti nasi goreng kare ataupun ayam goreng kare.

 photo 81A322C2-A918-4128-95A9-2A2A40EF6C8C_zpsrlty2qlc.jpg

Jika mie instant sudah menjadi Indonesia banget, demikian juga dengan Kare. Kare (bumbu instant) sangat populer terutama dikalangan anak muda (alias anak kos) karena kemudahan dalam membuatnya. Lihatlah keranjnag belanjaan para mahasiswa pasti ada kare instant di dalamnya hehehhehehehhe. Bahkan kare untuk anak juga tersedia. Yang membedakan hanya rasa pedesnya yang nggak kerasa, cuman aroma karenya tetep yang utama.

 photo 51116535-00D9-45A5-BD40-6CD0C487A492_zpsr5harnip.jpg

Sepertinya bumbu kari bubuk produk Indonesia bisa juga dijadikan kari ala Jepang, karena rahasia utamanya adalah kentalnya bumbu dan tidak ada penambahan santan. Jadi kalo mo nyoba bisa juga menggunakan tanpa bumbu Jepang kok. Ada beberapa resep yang menggunakan shoyu, madu dan tomat juga, Kalo saya sih masalah selera jadi hanya pake garam dan gula tanpa tomat karena orang-orang rumah kurang suka tomat. Yuk, silahkan mencoba dan bereksperimen :)



  • Artikel (Japan)dari kategori yang sama

    Posted by Junita Siregar at 19:55│Comments(6)JapanLifestyle
    Komentari Artikel Ini
    wah baru tahu aku, makasih ya
    Posted by Hastira at 2016/10/02 05:26
    Sama-sama Mbak Hastira, mangga dicoba
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/10/02 06:10
    Kemarin waktu share, belum mampir. Pagi ini teringat, lalu mampir. Yang terjadi kemudian adalah ..... saya menyesal, hiks.

    Ini kan jadinya pengen masuk ke dapur terus praktek. Sementara daftar makanan yang ngantre masih banyak :D

    Suka sama tulisan ini, simply karena ada "sejarah" kare. Suka banget!

    Kalau di Surabaya, orang nyebutnya juga kare tapi rasanya berbeda dengan kari ala India atau Aceh.

    Btw, bisa minta dikirim bumbu karenya? x_x
    Posted by Dyah Prameswarie at 2016/10/02 08:56
    heuheuheu selamat mampir Ceu..... Si kare teh atuh bisaan yah adaptasinya, tergantung kebutuhan. Siaplah soal bumbu mah.....asal sabar weh
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/10/03 11:59
    penasaran niih...meski bukan fans berat masakan jepang tp ternyata jepang punya "kari" juga yaa
    Posted by ophi ziadah at 2016/10/15 12:53
    Kari Jepang pake bumbu rempah-rempah juga, cuman bedanya di tekstur karinya yang lebih mirip bumbu sate padang hehehehhehe
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/10/19 19:24
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Japanese Curry yang bikin Curious
      Komentar(6)