WaGoMu › Duabelas Ladang › Lifestyle › Mural ekspresi kebahagiaan urang Bandung

2016/09/22

Mural ekspresi kebahagiaan urang Bandung

Memberikan kebahagiaan ternyata banyak sekali caranya, mulai yang sederhana sampai dengan yang ngejelimet dilakukan orang-orang demi kebahagiaan. Tapi gimana caraya sebuah kota memberikan kebahagiaan untuk warganya? Bandung punya gawe, melibatkan ratusan anak mudanya membuat mural sepanjang 476 meter di dinding Jalan Siliwangi.

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Proyek dengan tema Journey of Happiness ini melibatkan berbagai komunitas kreatif dan seni Bandung dengan pesan menyampaikan kebahagiaan kepada orang Bandung yang lewat jalan Siliwangi. Yang bukan orang Bandung juga boleh kok ikutan hepi imenikmati jalan siliwangi yang rindang dan nanjak.



Bike to Work Bandung sebagai salah satu komunitas yang diundang untuk membagi kebahagiaan ini juga menyumbangkan mural dengan tema batik sepeda. Konsepnya dibuat oleh Kak/ Mas/ Bapak Andi Yudha yang dikenal sebagai tukang gambar, tukang dongeng, dan juga sebagai pawang ular (demikian yang tertera di kartu namanya). Dan beliau juga sebagai tim konseptor di proyek ini bersama dengan John Martono, Alga Indria dan IA ITB.



Mural dibagi kedalam tiga segmen besar yaitu, Local Genius menceritakan tentang kekhasan Kota Bandung seperti kuliner, fashion, dan seni budaya. Sementara Bandung Futuristik menceritakan Bandung ke depan mau jadi apa. Kemudian untuk Back to Nature menceritakan Bandung sebagai model kota alam yang lestari.Keseluruhan segmen tersebut terbagi dalam 47 gambar.



Seluruh partisipan Bike to Work Bandung bekerja sama menyelesaikan proyek ini dalam rentang waktu dua hari. Kegiatan yang penuh kebahagiaan ini dilakukan dengan suka cita demi menyebarkan rasa gembira untuk orang-orang yang melihat dan melaluinya



Gambar dan motif batik Bike to Work ini sama dan sebangun dengan batik seragam yang dimiliki oleh komunitas pesepeda ini. Bike to work masuk ke dalam segemn Back to Nature sesuai dengan misi yang diembannya, memasyarakatan sepeda sebagai alat transportasi urban yang ramah lingkungan (dan ramah di kantong). Tiap helai daun berisikan gambar sepeda sebagai peralatan wajib Bike 2 Work dalam mengurangi polusi kota.



Finishing touch mural ini tetap dilakukan oleh Mas Andi, karena menyangkut detail-detail gambar dan juga konsep-konsep dasar yang dipahami oleh Tukang dongeng Oray ini.




Sim salabim, prok...prok..prok jadi apa......
Yeay, muralnya udah jadi dan cantik. Oke banget nggak sih buat foto-foto disini., Tuhhhh para partisipan Bike 2 Work bergaya di depan mural hasil kerja bersama. Keren kan... Sayangnya saya sebagai ex pemegang KTP Bandung dan anggota gerombolan nggak bisa ikutan berpartisipasi dan berfoto bersama, padahal mupeng berat tuh. Nah, temen-temen yang kebetulan melintas di Jalan SIliwangi Bandung, jangan lupa ya buat melihat dan merasakan kebahagiaan dari gambar mural ini. Semoga bisa menambah semangat hari.....

(Sumber & Foto : Gerombolan siberat "Bike2Work" chapter Bandung tercintah)



  • Artikel (Lifestyle)dari kategori yang sama

    Posted by Junita Siregar at 16:53│Comments(12)Lifestyle
    Komentari Artikel Ini
    Oooh sekarang dirimu ngeblog disini. Oke aku dah nunggu2 cerita2 & foto3 serumu :D
    Posted by Lusi at 2016/09/22 17:14
    Mak Lusi, terimakasih buat komennya. Memulai lagi Mak dengan blog made in Nippon. Nantikan cerita geje dan foto ajaib aku ya Mak.... Love you fullllll
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/09/22 17:23
    Wah ternyata beda dengan gravity ya mb junita, dindingnya serasa artistik...asyik ni buat background foto ^_^
    Posted by Gustyanita Pratiwi at 2016/09/22 19:28
    Kalo grafitti ada unsur "adrenaline" karena membuat di tempat umum dan secara diam-diam karena biasanya jadi merusak keindahan kota. Nah kalo mural versi legalnya dan menambah keindahan kota. Mampir ke jalan siliwangi Mak, dan pilih background yang disukai, atau di 47 gambarnya juga boleh.
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/09/22 19:33
    setiap kali lewat jalan siliwangi pasti mural nya selalu berbeda dengan mural yg terakhir kali sya lihat..sampe mikir sendiri, ini rajin banget ngeganti gambar nya :D

    diniratnadewi.blogspot.co.id
    Posted by Dini Ratnadewi at 2016/09/23 16:47
    haloo Mbak Dini, memang mural di jalan siliwangi rajin berganti rupa. Dulu sih, tiap angkatan baru FSRD ITB punya proyek untuk membuat mural disana, sebagai ospek kreatif ala anak-anak Seni Rupa. Mereka harus mencari dana untuk beli cat dan menghias tembok dengan keahliannya. Tapi sekarang yang kebagian menghiasnya komunitas-komunitas.
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/09/23 18:12
    Kreativitas Orang Bandung yang tak terbendung ya Teh..
    Keren lah pokoknya mah...
    Posted by Edis JunEdis Jun at 2016/09/23 19:09
    Iyah, sejak ada BCCF, Bandung Creative City Forum jadi lebih terarah agenda dan kegiatannya. Bisa jadi wadah untuk menyalurkan berbagai ide dan kreatifitas.
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/09/23 20:08
    gilaaa, kereeeen ^o^.. kalo ngeliat gambar2 gini, aku jd pengeeeeeen banget bisa menggambar mbak.. tp sayang g ada bakat begitu -__-..
    Posted by fanny fristhika nila at 2016/09/26 22:01
    Ehhh Mbak, ayo semangat latihan menggambar. Kata teman saya katanya bakat itu cuman 1%, sisanya 99% kerja keras buat bisa mencapai cita-cita apapun.
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/09/27 09:24
    wah ini yang saya suka salah satunya kalau soal kota Bandung, dan adanya street art macam mural bikin jadi meriah. anyway thanks sudah sharing ya
    Posted by Percha at 2016/10/07 11:05
    Terimakasih juga sudah mampir jauh-jauh ke blognya saya...ditunggu kehadirannya lagi.
    Posted by Junita SiregarJunita Siregar at 2016/10/19 19:28
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Mural ekspresi kebahagiaan urang Bandung
      Komentar(12)